
Aceh Tengah – Sabtu, (16/08/25). Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan inklusif, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Pendmad) melakukan evaluasi progres pengisian Profil Belajar Siswa (PBS) pada madrasah inklusi. Kegiatan ini berlangsung di ruang Kepala MTsN 1 Aceh Tengah, dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.
Evaluasi ini dipimpin langsung oleh Kasi Pendmad, Bapak Syahria Putraga, M.Pd, didampingi oleh Pengawas Madrasah Ibu Dra. Ellidawartika, M.Pd dan Ibu Mawadah, S.Pd.I. Turut hadir Kepala MTsN 1 Aceh Tengah, Ibu Fashihah, S.Pd.I., M.Pd dan Guru Bimbingan Konseling (BK) Ibu Fitri Ramadhani Dalimunthe, S.Pd.
Kegiatan ini bertujuan untuk menilai sejauh mana progres pengisian PBS yang merupakan salah satu instrumen penting dalam pendidikan inklusif. Profil Belajar Siswa (PBS) menjadi acuan dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individual peserta didik, khususnya bagi siswa berkebutuhan khusus.
Dalam sesi evaluasi, tim melakukan peninjauan terhadap dokumen PBS yang telah diisi oleh guru dan tenaga pendidik, serta memberikan masukan terkait perbaikan dan penguatan dalam proses pengisian. Diskusi juga membahas pentingnya pemahaman menyeluruh terhadap karakteristik siswa dan perlunya kolaborasi antara guru, wali kelas, guru BK, serta orang tua dalam menyusun PBS yang akurat dan fungsional.
Kasi Pendmad dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap upaya yang telah dilakukan MTsN 1 Aceh Tengah sebagai salah satu madrasah inklusi yang aktif berinovasi dalam pelayanan pendidikan. Ia juga menegaskan pentingnya komitmen semua pihak untuk memastikan bahwa seluruh peserta didik, tanpa terkecuali, mendapatkan hak pendidikan yang setara dan bermakna.
Kegiatan ditutup dengan rencana tindak lanjut, termasuk pendampingan teknis lanjutan dan pelatihan bagi guru untuk memperkuat implementasi PBS secara optimal di lingkungan madrasah inklusi.
Wassalamu’alaikum. wr. wb.
